Friday, July 13, 2018

Ternyata Kulit Pisang Juga Mendtangkan Manfaat, Baca Di Sini !


Manfaat Kulit Pisang - Bukan hanya daging buah pisang yang memiliki manfaat bagi ke­sehatan. Bahkan, kulitnya pun ber­khasiat mengurangi gejala depresi dan dapat menjaga kesehatan mata. Selain dagingnya lezat dan bergizi tinggi, ada bagian lain dari buah pisang yang memiliki kha­siat buat kesehatan. Kulit pi-sang ternyata berman­faat untuk kesehatan. 

Para peneliti dari Taiwan mengatakan, eks­trak kulit pisang ternyata berpoten­si mengurangi ge­jala depresi dan menjaga keseha­tan retina mata. Berdasarkan penelitian di Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, diketahui kulit pisang kaya akan vitamin B6. 


Selain itu, kulit pisang juga ter­nyata banyak mengandung sero­tonin yang sangat vital menyeim­bangkan mood (suasana hati). Temuan tersebut juga menyebut­kan manfaat ekstrak pisang untuk menjaga retina dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina.

Dalam studi klinis yang dilaku­kan, para peneliti membanding­kan efek ekstrak kulit pisang bagi retina mata pada dua kelompok. Pertama, kelompok kontrol dan kelompok kedua, responden yang diberi ekstrak kulit pisang dan mereka dipapari cahaya se-lama enam jam dalam dua hari.

Hasilnya, mereka yang tidak mendapat ekstrak kulit pisang sel retinanya menjadi matt, sedangkan kelompok lainnya retinanya ti­dak mengalami ke­rusakan.Untuk mengata­si depresi, para pe­neliti menyarankan meminum air rebu­san kulit pisang atau membuatnya dalam bentuk jus segar selama be­berapa kali dalam seminggu.

Meski belum ada penjelasan ilmiahnya, para ahli meyakini rendahnya kadar serotonin di dalam otak akan me­nyebabkan timbulnya depresi. Serotonin yang cukup akan membuat seseorang tenang dan rileks.Selanjutnya, para peneliti be­rencana melakukan pengujian pada manusia. Jika memang ter­bukti aman dan menunjukkan ha­sil positif pada manusia, maka bu­kan tidak mungkin suatu saat kulit pisang dapat digunakan sebagai obat.

Nah, sekarang jangan abaikan benda - benda yang secara fisik tidak berguna untuk manusia. Siapa tahu akan ada penelitian lanjut menemukan hal - hal yang luar biasa seperti manfaat kulit pisang dalam ulasan tersebut. Sekian, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

author
Abdul Somad
Sebuah cerita klasik yang sayang untuk dilewatkan, akan ku tulis dan menjadi hal yang bermanfaat